Handasa Konsultan, Konsultan Perencana – SLF

7 Hal Penting Dalam Memilih Konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi) Perhatikan!

Untuk pemilik ataupun pengelola suatu bangunan yang sudah selesai pembangunannya, pastinya memerlukan legalitas kelayakan bangunannya sebelum beroprasi sesuai fungsinya dengan memiliki SLF (Sertifikat Laik Fungsi).  Seperti yang diketahui, untuk mengurus Sertifikat SLF ini tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan orang-orang yang berpengalaman dalam bidangnya yaitu menggunakan jasa konsultan SLF.

Menggunakan jasa konsultan SLF adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan didalam dokumen persyaratan SLF terdapat hasil uji bangunan dari berbagai keilmuan yang terverifikasi, seperti: Ahli Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Mekanikal Engineering, dll. Selain itu, jasa konsultan SLF tidak hanya menilai kelaikan fungsi bangunan gedung. Melainkan juga memberi masukan dan saran terkait pemenuhan aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, maupun kemudahan bangunan gedung.

Dan juga, dengan menggunakan jasa konsultan SLF, penerbitan SLF akan lebih mudah. Hal ini dikarenakan pengurusan SLF ditangani langsung oleh konsultan yang ahli dalam bidang penilaian keandalan bangunan gedung.

Namun ketika berbicara tentang menggunakan jasa konsultan SLF, tentu bingung harus memulai dari mana untuk memilih konsultan yang terbaik dan amanah. Oleh karena itu, kami merangkum beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih konsultan SLF.

Berikut hal penting dalam memilih konsultan SLF :

1. SMART and Solution

Sudah tentu, sebagai konsultan harus Smart dan Solutif. Smart and solution maksudnya anda yang sudah mengeluarkan banyak uang untuk SLF dan konsultannya, wajib mendapatkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu anda harus memperhatikan kinerja dari konsultan SLF. Bukan hanya itu, konsultan SLF juga harus memiliki kemampuan dalam membari solusi yang tepat guna jika terjadi masalah dan keluhan pada bangunan dengan indentifikasi permasalahan dilakukan dengan benar dan tepat.

2. Berpengalaman dan Testimoni

Konsultan SLF yang bagus adalah konsultan yang mampu dan sudah menyelesaikan banyak project dengan hasil yang memuaskan. Dan untuk lebih meyakinkan lagi, anda dapat mencari testimoni dari client-client pada project yang pernah di kerjakan sebelumnya. Jika terbukti konsultan SLF yang anda pilih sudah menyelesaikan  berbagai project dengan baik dan memiliki testimoni dari client sebelumnya yang baik juga, berati konsultan tersebut sudah layak untuk dipilih.

3. Profil Persusahaan dan Legalitas 

Dalam memilih konsultan SLF untuk pengkaji teknis bangunan gedung tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan Anda mencari informasi mendalam mengenai perusahaan calon mitra melalui internet. Pastikan nama perusahaan dapat ditemukan di internet dan memiliki alamat yang jelas. Selain itu, perusahaan yang profesional tentunya memiliki sebuah website dan juga social media yang difungsikan untuk menginformasikan seluruh layanannya.

Selain itu, yang utama yaitu pastikan bahwa perusahaan calon mitra pengurusan SLF memiliki legalitas yang lengkap. Misalnya saja seperti akta perusahaan, NIB (Nomor Induk Berusaha), SBU (Sertifikat Badan Usaha), SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi), dan juga legalitas pendukung lainnya.

4. SDM yang Berkompeten

Konsultan SLF tentu harus didukung dengan SDM (sumber daya manusia) yang berkompeten dalam uji teknis keandalan bangunan dan bersertifikasi, bukan hanya banyak-nya orang tapi lebih banyaknya pengalaman dan kempetensi yang dimiliki. Oleh karena itu penting bagi Anda calon pengguna jasa untuk memperhatikan SDM perusahaan yang akan dijadikan konsultan SLF.

5. Punya SLA dan Harga yang Proporsional

Salah satu ciri konsultan SLF yang profesional adalah mempunyai SLA (Service Level Agreement) sebagai penjamin kualitas dan dukungan purna jual dari konsultan kepada pengguna jasa. Selain itu harga juga patut anda jadikan tolak ukur, karena biaya konsultan ini adalah biaya operasional yang cukup banyak. Oleh karena itu, tidak bisa diputuskan dengan buru-buru. Riset sangat dibutuhkan guna meminimalkan biaya operasional Anda

6. Profesional

Lakukanlah komunikasi di awal melalui customer relations calon konsultan yang akan anda pilih. Harapannya lewat tahap ini, Anda dapat mengetahui seberapa profesional layanan yang diberikan oleh perusahaan calon mitra pengurusan SLF. 

7. Memiliki banyak mitra kerja

Jumlah dan banyaknya mitra kerja loyal yang sudah menjadi konsumen konsultan SLF juga sangat penting untuk menjadi tolak ukur dalam memilih konsultan SLF yang bagus bagi bangunan anda. Mintra kerja yang loyal itu ada kerana konsultan itu sendiri. Semakin banyak diberikan pelayanan akan semakin banyak pula mitra kerja yang dimiliki.Demikianlah hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih konsultan SLF untuk bangunan anda. Bagi anda yang ingin mencari pakar konsultan SLF untuk bangunan anda, HANDASA KONSULTAN siap menjadi solusi yang tepat dan alhi dalam bidang penilaian keandalan bangunan anda. 

Share This

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on email
Share on telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published.